4 Solusi Kembalikan Siaran TV Digital Hilang, Caranya Mudah

 

4 Solusi Kembalikan Siaran TV Digital Hilang, Caranya Mudah

Berikut ini informasi cara mengembalikan siaran TV digital yang menghilang, dirangkum Senin (14/11/2022):



1. Setting TV Digital

Sebelum Anda menikmati siaran digital, harus mengatur TV digital lebih dulu / penambahan stn. Jika tiba-tiba siaran menghilang, Anda bisa mengaturnya lagi.

Namun pastikan lebih dulu telah terhubung dengan perangkat terkait, seperti antena UHF di luar dan dalam ruangan. Jika diperlukan juga menghubungkan dengan Set Top Box (STB).

Setelah semuanya terhubung, ubah pengaturan TV ke AV atau tv ke HDMI jika menggunakan kabel HDMI. Selanjutnya pilih opsi Pengaturan dan auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

2. Antena

Antena bisa juga menjadi penyebab hilangnya siaran digital. Lakukan pengecekan dulu pada kualitas antena, termasuk lokasi, ukuran antena dan arah antena.

Jika berada di area yang dikelilingi gedung tinggi, jangan pakai antena berukuran kecil. Karena Anda akan lebih sulit mendapatkan sinyal yang kuat.

3. Kabel

Masalah lainnya kemungkinan berasal dari kabel. Perhatikan sambungan antar antena dengan STB / TV digital.

Masalah bisa terjadi jika komponen jack atau colokan rusak akibat kotor atau penyok dan tidak sempurna. 

4. Setelan STB

Terakhir adalah setelan STB. Anda dapat membaca ulang manual perangkat untuk memastikan telah mengaturnya dengan tepat.

Jangan lupa juga untuk hanya membeli dan menggunakan perangkat STB yang resmi. Sebagai informasi, Kementerian Kominfo telah memberikan sertifikasi pada puluhan STB.

Source : https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/tech/20221114072842-37-387509/4-solusi-kembalikan-siaran-tv-digital-hilang-caranya-mudah/amp


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama